News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bank BPD DIY Beri Bantuan Taman Pintar Untuk Bersiap New Normal

Bank BPD DIY Beri Bantuan Taman Pintar Untuk Bersiap New Normal



Bantuan Bank BPD DIY Cabang Senopati Untuk Taman Pintar Yang Diterima Melalui Pemerintah Kota Yogyakarta.

WARTAJOGJA.ID: Bank BPD DIY berperan aktif mendukung bangkitnya pariwisata Yogyakarta.


Bertempat di Taman Pintar, Rabu 17 Juni 2020, Bank BPD DIY menyerahkan bantuan berupa sarana cuci tangan bagi para pengunjung Taman Pintar.

Bantuan diserahkan oleh R Wahyu Wijonarko, Pemimpin Cabang Bank BPD Cabang Senopati dan diterima oleh Drs Kadri Renggono mewakili Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dengan penambahan fasilitas cuci tangan tersebut, diharapkan pengunjung merasa aman untuk berwisata ke Taman Pintar.

Dalam kesempatan yang sama dilakukan sosialisasi pembelian tiket masuk wahana taman pintar dengan transaksi non tunai menggunakan QRIS.

Metode transaksi non tunai tersebut sebagai salah satu upaya mencegah penularan Covid 19. Manfaat lainnya adalah lebih cepat, akurat dan akuntabel.

Taman Pintar sebagai destinasi wisata unggulan di Yogyakarta, telah bersiap dalam memasuki tatanan normal baru dengan layanan yang lebih adaptif dan mengedepankan protokol CHS (cleaness, health and safety).

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar, Afia Rosdiana mengatakan Taman Pintar sejauh ini telah melakukan tiga kali simulasi protokol kenormalan baru di lingkungan pihak internalnya.

Pihaknya juga telah mematangkan beberapa protokol kesehatan baru yang akan diterapkan bagi pengunjung Taman Pintar.

Misalnya, akan ada enam check point atau titik pemeriksaan di dalam Taman Pintar.

“Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Taman Pintar, mulai dari penyiapan SOP (standar operasional prosedur), simulasi layanan sesuai protokol kesehatan, sistem pembelian dan pembayaran secara digital, maupun penyiapan sarana  prasarana dalam menjalankan protokol kesehatan” jelasnya.

Ia menjelaskan check point adalah titik-titik di dalam Taman Pintar yang akan dijaga oleh petugas. Petugas di check point nantinya akan mengatur pengunjung yang melintas agar tidak terjadi penumpukan. Selain itu, petugas akan mengingatkan pengunjung untuk selalu menjaga jarak dan mengenakan masker.


"Check point adalah titik yang kita perkirakan akan terjadi penumpukan pengunjung. Pemandu akan mengingatkan untuk jaga jarak antar kelompok," ujarnya.

Dalam upaya persiapan tersebut, pihaknya juga bekerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Bank BPD DIY. Bentuk kerjasamanya adalah pengembangan sistem pembayaran digital (cashless), yaitu melalui T-Money BPD DIY dimana pengunjung tidak perlu melakukan pembayaran secara tunai.

“Bank BPD DIY juga mendukung pengadaan sarana prasarana CHS di Taman Pintar berupa 8 unit alat mencuci tangan (wastafel). Ini sebagai wujud dukungan terhadap protokol kesehatan dan tatanan kenormalan baru” ungkapnya.

Dengan adanya sarana cuci tangan di 8 titik tersebut, lanjutnya, pengunjung  diminta untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, sebelum dan sesudah memasuki zona yang ada di Taman Pintar.

“Sarana cuci tangan juga dilengkapi dengan petunjuk cara mencuci tangan yang benar sesuai standar WHO. 

Sehingga diharapkan bisa meminimalisir potensi penyebaran virus. Hal tersebut harus dilakukan karena sebagian besar pengunjung Taman Pintar adalah anak-anak dan alat peraga yang ada di Taman Pintar bersifat interaktif,” katanya.

(Cak/Jan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment