News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bukti Mayoritas Warga Yogya Setuju Keputusan New Normal

Bukti Mayoritas Warga Yogya Setuju Keputusan New Normal




WARTAJOGJA.ID: Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (MDKIK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melakukan survei daring persepsi masyarakat DIY terkait pencegahan penularan Covid-19, 26-28 Mei 2020 ini. Diketahui mayoritas responden (60 persen) dari total 492 orang setuju keputusan penerapan New Normal di DIY.

Anggota tim survei, Satria Aji Imawan mengatakan 60 persen responden dari lima kabupaten/kota DIY setuju penerapan skema new normal. Adanya persyaratan penerapan protokol kesehatan sebagai ikutan dari skema new normal pun diterima oleh responden.

“60 persen responden setuju new normal dengan pembukaan atau pelonggaran kegiatan ekonomi masyarakat dan tempat ibadah. Konsekuensi protokol kesehatan dan kebersihan juga disetujui,” ungkapnya, Jumat (29/05/2020).

Rinciannya, 61,8 persen responden setuju penerapan protokol kesehatan dan 28,5 persen lainnya tidak setuju sementara sisanya setuju dengan protokol biasa. 72,8 persen juga diketahui mengingingkan dibukanya tempat ibadah yang selama tanggap darurat ditutup.

“Dari survei tersebut juga didapatkan data 65 persen responden yang menginginkan kembali dibukanya sekolah dan kampus,” imbuhnya.

Guru Besar Bidang Kebijakan Publik dan Kependudukan UGM, Prof Muhadjir Darwin mengatakan survei yang dibuat tersebut memang belum mewakili seluruh kelompok masyarakat karena dilaksanakan secara daring. Namun demikian, survei itu layak menjadi bahan pertimbangan karena di lapangan, masyarakat mayoritas harus terus diingatkan untuk menaati himbauan mengenakan masker serta menjaga jarak saat beraktivitas.

(Rls/Den)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment