News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Arinta, Bayi Gajah GL Zoo Mulai Belajar Makan

Arinta, Bayi Gajah GL Zoo Mulai Belajar Makan




WARTAJOGJA.ID: Bayi gajah Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta yang lahir  di tengah pandemi virus korona (Covid-19)  kini dinamai  Arinta. 

Bledug, anak gajah kelamin betina  ini mulai belajar makan dan minum sendiri, tidak lagi rutin menyusui induknya seperti hari-hari sebelumnya.

Mahout atau perawat gajah GL Zoo, Muhammad Adi Satria menjelaskan,  Arin, panggilan anak gajah yang kini berumur satu setengah bulan  itu sudah doyan makan rumput dan buah wortel. “Arin sudah mulai belajar makan, tapi porsinya masih sedikit-sedikit,” tutur Adi  di sela-sela menunggui bayi gajah yang dirawatnya, Senin (25/5).

Arin lahir pada 25 Maret lalu dari pasangan gajah bernama Argo dan Sinta. Di tempat umbaran gajah, bledug selain diasuh induk yang melahirkan, juga selalu didampingi seekor gajah betina sebagai induk semangnya,  bernama Natasya. “Jadi, selain diasuh ibunya, Arin juga  diasuh induk semang. Sama ibu asuhnya, Arin semakin lengket saja,” ucap Adi.

Menurut  dia, Arin perlu diberi ibu asuh. Sehingga ketika ibu kandungnya sedang makan atau tidak enak badan, ada penganti yang  mendampingi. “Sekarang Arin tampah lincah dan semakin lucu saja. Sukanya bermain lumpur,” tambah Adi senang.  Di tempat umbaran yang menempati arena gajah tunggang, tiap pagi Arin bersama ibunya dan induk semangnya dijemur agar  badannya  selalu sehat.

 Dirut GL Zoo, KMT A. Tirtodiprojo (Joko)  menjelaskan  bayi gajah koleksinya yang lahir di saat pandemi Covid-19 dinamai Arinta, harapannya nantinya  bakal  tumbuh kuat dan semakin mandiri. Disadari, diusia balita bahkan sampai duabelas tahun, anak gajah biasanya  rawan kena penyakit herpes. Maka kandang dan tempat umbaran Arin harus selalu bersih dan  terkontrol  oleh mahout perawatnya.

Selain dalam pengawasan mahout, kondisi kesehatan bayi gajah ini tiap hari selalu dikontrol dokter hewan. “Kami punya empat dokter hewan muda, dan satu dokter hewan senior,” sebut Joko. 

(Vin/Jun)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment