News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gugus Tugas Musti Cermat Dalam Penganggaran Dana Covid-19

Gugus Tugas Musti Cermat Dalam Penganggaran Dana Covid-19

WARTAJOGJA.ID: Gugus tugas diminta cermat dalam melakukan penganggaran dan pengadaan barang. 

Saat ini warga sedang tertimpa musibah bencana pandemi Covid19, ekonomi sedang merosot dan banyak warga kecil hidup susah.

"Kami minta dalam penganggaran harus betul betul cermat, anggarkan sepantasnya tapi untuk program program yang betul betul bermanfaat untuk rakyat dalam masa sulit ini," ujar Wakil Ketua DPRD Huda Tri Yudiana Jumat (17/4/2020).

Huda meminta penganggaran juga musti berhubungan erat dengan penanggulangan pandemi.

"Tolong jangan buat program yang jauh hubungannya dengan penanganan covid19. Dengan dana terbatas ini kita mesti pandai pandai memilih program yang efektif, efisien serta tepat sasaran. Jangan terlalu melenceng," katanya.

DPRD memang tidak terlibat dalam penganggaran dan relokasi anggaran bencana ini, tapi masih tetap memiliki fungsi pengawasan.

"Selain itu kami minta dalam pelaksanaan anggaran harus hati hati juga. Spek barang dalam pengadaan harus diperhatikan betul, meskipun tidak memerlukan lelang. Kalau tidak sesuai spek jangan sembarangan diterima. Panitia pengadaan harus cermat," ujarnya.

DPRD DIY mendorong kecermatan dan kehati-hatian tidak mengurangi kecepatan bertindak. Sebagai contoh sampai saat ini keluhan kekurangan APD masih terjadi di semua rumah sakit, mestinya tim pengadaan lebih serius.
Pengadaan dan pemilihan program semestinya dipikirkan baik baik dan dikoordinasikan agar bermanfaat lebih. 

Misal pengadaan jadup mesti koordinasikan UMKM dan petani atau peternak lokal agar lebih memberikan dampak ekonomi ke rakyat.

"Memang hal ini tidak mudah, tapi dengan usaha lebih keras dan kekompakan tim gugus tugas saya yakin kita bisa," katanya.

(Des/Ren)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment