News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Raja Belanda Ke Keraton Yogya, Begini Maknanya

Raja Belanda Ke Keraton Yogya, Begini Maknanya

WARTAJOGJA.ID : Raja Keraton yang juga Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan kunjungan Raja Belanda Willem Alexander bersama Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti ke Keraton Yogya pada Rabu 11 Maret 2020 untuk napak tilas perjalanan sang ibu.

"Dulu kan beliau (Raja Belanda) pernah ikut ibunya, Ratu Beatrix, saat datang ke sini (Keraton). Tapi saat itu masih jadi pangeran, sekarang sudah jadi raja," ujar Sultan usai menerima kunjungan raja dan ratu Belanda di Keraton Yogya.

Sultan menuturkan saat masih pangeran, Raja Belanda juga sudah menyambangi beberapa daerah di Indonesia seperti Danau Toba hingga Kalimantan.

"Jadi beliau itu ke Indonesia melanjutkan perjalanan orang tua dan kakeknya," ujarnya.

Raja Belanda, ujar Sultan, merasa senang karena bisa kembali lagi kedua kali ke Keraton Yogya setelah belasan tahun tak bersilaturahmi.

"Beliau senang bisa kembali kedua kalinya ke sini, dengan kedudukannya yang sudah berbeda, yakni sebagai raja yang didampingi ratunya," ujarnya.

Dalam kunjungan selama kurang lebih dua jam itu, Sultan menuturkan lebih banyak membicarakan kabar masing masing keluarga. Tak ada pembicaraan serius.

"Kalau sama saya ngobrol biasa. Tapi kalau sama Mangkubumi (putri sulung Sultan HB X) ya ngomong soal kerjasama," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sultan mengatakan pihaknya sempat memberi cinderamata kepada Raja Belanda berupa kerajinan blangkon yang terbuat dari perak. Namun Sultan tak tahu apa yang diberikan Raja Belanda kepada Keraton.

"Aku ora ngrasake, wong ditutup (saya tak merasakan, orang bungkusannya ditutup)," katanya.
Atx

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment