News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wakil Ketua DPRD DIY : Jangan Perlakukan Guru Seperti Penjahat

Wakil Ketua DPRD DIY : Jangan Perlakukan Guru Seperti Penjahat


WARTAJOGJA.ID:  Tragedi hanyutnya sejumlah siswa SMPN 1 Turi yang menewaskan 10 siswi mengundang keprihatinan para alumni sekolah tersebut. Mereka menganggap tragedi tersebut adalah suatu hal yang sangat memprihatinkan dan menyedihkan bagi dunia pendidikan masyarakat Indonesia secara umum.


"Kita semua berdoa dan berusaha agar peristiwa ini tidak pernah terulang lagi. Pelajaran yang sangat menyakitkan bagi kita semua," tutur Huda Tri Yudiana, salah satu alumni, Selasa (27/2/2020).

Anggota DPRD DIY dari fraksi PKS ini mengatakan semua pihak harus melakukan evaluasi terhadap prosedur dan protab kegiatan outing bagi siswa baik di sungai ataupun bukan di sungai, faktor keselamatan harus menjadi hal yang dinomorsatukan. Pihaknya sangat menyayangkan kelalaian yang dilakukan oleh beberapa guru yang mengakibatkan peristiwa ini terjadi.

Menurutnya sudah wajar apabila dilakukan proses penyelidikan oleh aparat yang berwenang dan berlanjut pada proses hukum, agar menjadi pelajaran dan tidak terulang lagi. Namun di sisi lain ia memohon agar proses hukum dilakukan secara adil sesuai dengan kaidah hukum yang berlaku di negara ini.

"Para tersangka memang sudah ditetapkan," ujarnya.

Namun saat ini muncul keprihatinan baru ketika beredar foto para guru yang menjadi tersangka di media sosial (medsos) dengan kepala digundul dan mengenakan baju pesakitan dengan berbagai komentar negatif. Secara pribadi mereka menjalani proses hukum atas kelalaian mereka.

"Mereka memang tersangka, tetapi semestinya tetap diperlakukan secara wajar sebagaimana orang yang menjalani proses hukum," tambahnya.

Pihaknya berharap agar bantuan hukum tetap diberikan oleh institusi yang berwenang. Selain itu, ia meminta agar para tersangka ini jangan diperlakukan sebagaimana penjahat atau koruptor yang melakukan tindakan mereka dengan kesengajaan.

"Hal yang paling penting adalah evaluasi menyeluruh terhadap protap setiap kegiatan dan trauma healing bagi adik-adik SMPN 1 Turi,"tegasnya.

(Wit/Sup)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment