News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Langkah Yogya Redam Wisatawan Berdatangan Di Masa PPKM Level 4

Langkah Yogya Redam Wisatawan Berdatangan Di Masa PPKM Level 4





Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyoroti fenomena nekatnya para wisatawan luar daerah yang terus berdatangan ke wilayahnya di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 yang belum dicabut saat ini.

Nekatnya para wisatawan yang berdatangan itu dikhawatirkan justru mempersulit posisi Yogya jika kasus Covid-19 yang kini mengalami tren penurunan tiba tiba melonjak lagi. 

Jika kasus kembali melonjak, status PPKM Level 4 Yogyakarta diprediksi akan terus diperpanjang dan artinya seluruh destinasi harus lebih lama tutup untuk menurunkan kasus.

"Kami meminta para pelaku wisata bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja untuk kembali mengetatkan pengawasan destinasi," kata Sekretaris DIY Kadarmanta Baskara Aji Rabu 1 September 2021.

Aji pun meminta kepatuhan pada kebijakan PPKM Level 4 ini dipatuhi seluruh pihak. Salah satunya, dengan pengawasan di tempat pemungutan retribusi atau TPR yang berada di akses akses masuk destinasi.

"TPR di destinasi kan tidak ada yang menunggu, tapi wisatawan dibiarkan masuk, hal hal seperti ini harus diantisipasi," kata Aji.

Sejumlah TPR menuju kawasan pantai selatan seperti di Kabupaten Bantul, beberapa waktu ini memang terpantau sempat tak ada penjaganya. Wisatawan berbagai daerah pun bisa leluasa masuk.

"Kalau aturannya belum mengijinkan pariwisata dibuka, ya berarti belum dibuka. Wisatawan jangan boleh masuk dan Satgas Covid-19 musti  memulangkan mereka yang nekat datang," Aji menambahkan.

Aji memastikan, dari perpanjangan PPKM Level 4 dari 31 Agustus sampai 6 September ini, yang diijinkan ujicoba beroperasi kembali baru pusat-pusat perbelanjaan dan mall. Bukan destinasi.

"Jadi memang harus tegas, jangan sampai kasus Covid-19 ini naik lagi  gara-gara kendornya pengawasan, nanti tidak akan turun (level) PPKM-nya," kata Aji.

Rombongan wisatawan akhir pekan lalu sempat terpantau memasuki wilayah Yogyakarta di mana sebagian datang memakai bus bus wisata. Meski penyekatan di dalam perkotaan masih berjalan dengan sedikit pelonggaran, namun kendaraan wisatawan itu sebagian memakai jalur jalur alternatif.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DIY Noviar Rahmad mengakui soal semakin nekatnya wisatawan yang berdatangan ke Yogya di masa PPKM Level 4 ini. 

"Terutama di kawasan pantai pantau selatan Kabupaten Bantul masuknya, karena mungkin akses jalan alternatifnya juga banyak," kata Noviar yang setiap harinya menurunkan 30 personil untuk melalukan operasi acak ke seluruh destinasi DIY itu. (Van/Dho)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment