News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sandiaga Uno Apresiasi Pertumbuhan Pesat Desa Wisata Pentingsari

Sandiaga Uno Apresiasi Pertumbuhan Pesat Desa Wisata Pentingsari

 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, Sabtu (5/6).

WARTAJOGJA.ID : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, Sabtu (5/6).
 
Sandiaga mengapresiasi Desa Wisata Pentingsari yang mampu tumbuh dan berkembang sejak dibentuknya pada tahun 2008 lalu. Menurutnya hal ini karena Desa Wisata 

Pentingsari memiliki komitmen serta pengelolaan baik, sehingga desa wisata ini dapat bertahan dan berkelanjutan.

"Ini menjadi inspirasi untuk desa wisata yang lain", kata Sandiaga.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, Sabtu (5/6).

Agar desa wisata tetap bisa eksis, menurutnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya keterbukaan, transparansi, keterlibatan masyarakat, prinsip keadilan, inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Maka ia berharap desa wisata tidak hanya bertahan satu atau dua tahun saja, namun dapat berkelanjutan.

"Jadi tidak hanya one hit wonder, hanya satu dua tahun tapi setelah itu tidak berkelanjutan", ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Sandiaga Uno menyapa para pelaku UMKM dan menyempatkan diri menaiki jip wisata menyusuri sungai.

“Kebangkitan Pariwisata ini dimulai dari desa wisata, dan kami ingin Desa Wisata hadir membuka peluang usaha, peluang ekonomi dan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya,” ujar Sandiaga Uno. 

Sandiaga mengapresiasi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, yang masih masuk di dalam kawasan wisata Taman Nasional Gunung  Merapi (TNGM) itu. 

Karena desa wisata ini tak hanya mengandalkan keunikan alamnya, namun mendorong juga masyarakat desa itu bergegas mencari keunikan lain dan tidak hanya sekedar mengandalkan lokasi wisata. Seperti salah satunya Jip Tur Merapi itu. 
“Namun masyarakat tetap juga melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya, seperti bertani, aktivitas kehidupan bersosialisasi di pedesaan dengan keramah tamahannya,  kebudayaan dan kesenian tradisional yang masih terjaga, serta menjaga makanan khas desanya,” kata dia.

Hal itu yang menarik para wisatawan untuk berkunjung, bahkan tidak sedikit juga yang menginap di homestay rumah-rumah warga dengan suasana pedesaannya yang terbilang masih sangatkental dan menjadikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan.

Desa Pentingsari ini telah dikenal di mancanegara sebagai salah satu desa wisata dengan segudang penghargaan.

Mulai dari Indonesia Suistainable Tourism Awards (ISTA) 2017 dalam kategori ekonomi, sampai 100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019.

Ditambahkan Sandiaga, desa wisata itu menjadi andalan Kemenparekraf dalam mendongkrak pariwisata di masa pandemi Covid-19. 

“Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, bersama rombongan yang berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Kunjungan Menparekraf ini bertujuan untuk melihat langsung potensi wisata serta pengelolaan yang ada di Desa Wisata Pentingsari. 

"Bulan Maret kemarin kan Pentingsari baru saja mendapatkan penghargaan Desa Wisata Berkelanjutan tahun 2020 dari Kemenparekraf. Nah ini pak Sandiaga ingin melihat langsung Desa Wisata Pentingsari ini", jelas Kustini.

Lebih lanjut Kustini mengatakan bahwa Desa Wisata Pentingsari mampu menjalin sinergitas yang baik dengan masyarakat sekitar dan juga pemerintah. Maka dengan pengelolaan yang baik tersebut, diharapkan Desa Wisata Pentingsari bisa terus eksis dan berkelanjutan. 

"Harapannya terus bisa jadi Desa Wisata andalan di Kabupaten Sleman", ucapnya. (Arifin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment