News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yogya Tak Sediakan Shelter Karantina Pemudik

Yogya Tak Sediakan Shelter Karantina Pemudik


Ilustrasi pembatasan mudik (ist)

WARTAJOGJA.ID : Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta atau Pemda DIY tidak menyiapkan tempat karantina atau shelter terpadu khusus pemudik. Untuk itu, peran RT RW sangat diandalkan dalam peraturan larangan mudik Lebaran 2021. 

"Saya kira sudah lokalisir di masing-masing RT RW dan kelurahan. Kalau memerlukan karantina ya kita karantina di shelter yang disiapkan di kelurahan. Tidak perlu shelter besar di DIY nanti malah repot," kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji di Kepatihan Pemda DIY, Rabu (7/4). 

Aji menjelaskan, pihaknya juga akan melakukan sampling pengecekan surat bebas corona seperti PCR, antigen, dan GeNose bagi pengendara yang masuk DIY. Hanya saja karena sampling dipastikan banyak yang lolos. 

Jika para pemudik ini terlanjur lolos, maka peran RT RW juga jadi terdepan menurut Aji. Mereka memastikan orang yang masuk kampung membawa surat bebas corona. Jika tidak ada mereka wajib segera tes. 

"Prosedur mereka yang baru datang itu tetap harus dilakukan. Pertama bukti melakukan GeNose antigen atau PCR yang hasil negatif. Lalu kalau sudah hasolnya negatif saya kira kita minta satu dua hari untuk tetap stay dulu di rumah. Setelah tidak ada gejala apa-apa silakan kalau kemudian berinteraksi," katanya. 

Sementara bagi orang yang harus mudik karena keperluan mendesak seperti orang tua sakit atau keluarga meninggal, Pemda DIY juga tetap mewajibkan mereka membawa surat bebas corona. (Das/Win)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment