News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hujan Hilang, Wisatawan Tetap Dilarang Dekati Puncak Merapi

Hujan Hilang, Wisatawan Tetap Dilarang Dekati Puncak Merapi



Ilustrasi Merapi (ist)

WARTAJOGJA.ID : Sepekan terakhir kawasan Gunung Merapi terpantau dalam kondisi cerah dan berawan.

Gunung yang melingkari empat kabupaten yakni Sleman Yogyakarta,  Magelang, Klaten, serta Boyolali di Jawa Tengah itu belakangan pun  makin sering terlihat jelas meski dari kejauhan.

Meski demikian, wisatawan diminta tak gegabah saat menyambangi kawasan gunung itu dengan kondisi cuaca cerah ini. 

Sebab aktivitas vulkanik Merapi masih cukup tinggi dan status Siaga sejak November 2020 lalu belum juga diturunkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

"Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh lima kilometer dari puncak Gunung Merapi," ujar Kepala BPPTKG Hanik Humaida Jumat 23 April 2021.

BPPTKG menjelaskan, pada Jumat ini
saja lontaran awan panas Merapi masih terus terjadi sejak pukul 00.00- 18.00 WIB. Termasuk hujan abu akibat aktivitas vulkanik itu, yakni di wilayah Cepogo.

Dalam waktu kurang sehari, BPPTKG mencatat setidaknya telah terjadi tiga kali luncuran awan panas yang jangkauannya sudah tembus dua kilometer dari puncak Merapi.

Begitupun guguran lava pijar, juga masih berlangsung dengan jangkauan bervariasi.

"Lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius tiga kilometer dari puncak, sehingga masyarakat diminta tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya," katanya.

Potensi bahaya yang dimaksud saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal lima kilometer dari puncak. 

Potensi bahaya itu juga patut diwaspadai di sektor tenggara gunung api itu yaitu kawasan sungai Gendol sejauh tiga kilometer. 

"Hari ini cuaca Merapi cerah dan berawan dan gunung terlihat jelas," kata Hanik.

Kepala Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Reni Kraningtyas menyatakan hingga Sabtu 24 April 2021, cuaca di kawasan Gunung Merapi- serta obyek wisata Kaliurang diprediksi sepanjang hari masih tetap cerah-berawan tanpa disertai mendung ataupun hujan.

"Begitu pula cuaca di obyek wisata lain selain Merapi di Yogya, umumnya cuaca akan dalam kondisi cerah-berawan," kata Reni. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment