News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kronologi Raudi Akmal, Putra Bupati Sleman Sri Purnomo Positif Covid-19

Kronologi Raudi Akmal, Putra Bupati Sleman Sri Purnomo Positif Covid-19


Anggota DPRD Sleman Raudi Akmal, yang juga putra Bupati Sleman


WARTAJOGJA.ID: Raudi Akmal, putra Bupati Sleman positif virus Corona (COVID-19). 

Tak hanya Raudi, sopir pribadinya juga dinyatakan positif COVID-19.

Saat dimintai konfirmasi, Raudi Akmal membenarkan kabar tersebut. Menurutnya ia diketahui positif setelah swab PCR pada hari Minggu (31/1).

"Iya kemarin Minggu (31/1) aku kan swab, hasilnya positif COVID-19 dengan supir saya (juga positif). Iya hari Minggu kemarin swab PCR," kata Raudi saat dihubungi wartawan, Selasa (2/1/2021).

Soal awal mula kasus, Raudi menjelaskan tidak mengetahui secara pasti. 

Hanya saja menurutnya kemungkinan besar ia tertular dari sopirnya yang juga positif COVID-19.
"Kronologinya aku juga belum terlalu mendalami. Kemungkinan tertular dari sopir saya karena sopir saya sejak hari Senin (25/1) dan Selasa (26/1) itu kan mengeluhkan badannya tidak enak, lalu izin tapi di situ tidak diswab tapi Selasa siang sudah berangkat," jelasnya.

Selang beberapa waktu, ia merasakan ada gejala terpapar virus Corona. Kemudian pada Minggu (31/1) dilakukan swab PCR dan hasilnya positif.
"Kemarin Sabtu (30/1) kok badannya nggak enak, nggregesi, biasanya kan seminggu itu aku olahraga tapi seminggu itu kok tidak kuat olahraga. Terus minggu swab ternyata hasilnya positif COVID-19," ungkapnya.

Saat ini, Raudi menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Untuk kondisi badan, ia mengungkapkan saat ini terasa pegal-pegal.

"Sekarang isolasi mandiri di rumah dinas Bupati Sleman lantai 2. Sekarang rasanya hanya badannya tidak enak buat apa-apa, kayak pegel-pegel gitu tapi paling puncak kemarin sih hari Minggu (31/1) dan Senin (1/2). Suhu tubuh 38 derajat (Celcius) naik turun," pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Sleman Sri Purnomo juga mengumumkan terpapar virus Corona, usai sepekan divaksin. Sri Purnomo menyampaikan kondisi yang sedang hadapinya itu pada, Kamis (21/1) lalu dan kemudian menjalani isolasi.

Putra Bupati Sleman, Raudi Akmal, dan sopir pribadinya positif virus Corona (COVID-19). Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman kemudian langsung melakukan tracing terhadap kontak erat Raudi yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi D DPRD Sleman itu.

"Hari ini kita lakukan tracing," kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo, saat ditemui di Kantor Setda Kabupaten Sleman, Selasa (2/2/2020).

Joko mengatakan setidaknya ada puluhan orang yang termasuk dalam tracing kontak putra Bupati Sleman ini. Kontak tersebut mayoritas merupakan anggota dewan yang sempat mengikuti rapat bersama Raudi.

"Jadi yang masuk itu ada anggota dewan juga karena dari mulai gejala kita tarik 2 hari ke belakang, ternyata ada rapat paripurna dengan anggota dewan. Kita lakukan swab antigen, sementara 30 orang," jelasnya.

Joko mengatakan Raudi dinyatakan positif COVID-19 pada Senin (1/2). Sebelum dinyatakan positif Corona, Raudi juga mengeluhkan sejumlah gejala.

"Raudi dinyatakan positif 1 Februari tapi mulai bergejala 27 Januari mulai mengeluh batuk, demam, dan diare," terang Joko.

Joko menyebut Raudi diduga tertular dari sopirnya. Namun, pihaknya tidak menutup kemungkinan Raudi tertular dari orang lain.

"Paling rasional tertular dari driver-nya tapi Raudi ini anggota DPRD Sleman yang mungkin banyak kontak dengan berbagai kalangan bisa jadi (tertular dari situ)," jelasnya.

Saat ditanya kemungkinan Raudi tertular dari ayahnya, Bupati Sleman Sri Purnomo, Joko mengatakan kemungkinannya kecil.

"Kalau kita hitung, kecil (kemungkinan) tertular dari Pak Sri karena setelah Pak Sri lebih dari 11 hari isolasi baru (Raudi) positif. Dulu juga sempat masuk kontak tracing Pak Sri tapi hasilnya negatif," pungkasnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment