News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Merapi Muntahkan Awan Panas Pertama Hari Ini

Merapi Muntahkan Awan Panas Pertama Hari Ini




WARTAJOGJA.ID:  Gunung Merapi memuntahkan awan panasnya yang pertama pada pagi ini Kamis 7 Januari 2021 pukul 08.02 WIB

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan awan panas yang diluncurkan pertama oleh gunung yang berstatus siaga sejak awal November itu jaraknya tak teramati karena tertutup kabut.

Arah awan panas dengan tinggi kolom 200 meter itu menuju barat daya atau Kali Krasak dan berupa guguran, bukan letusan atau eksplosif. Status masih tetap Siaga.

Belum ada laporan hujan abu dari fenomena ini.

"Jarak luncuran awan panas kecil ini kami perkiraan cukup pendek, kurang dari 1 km, dengan amplitude maksimum 28 mm, seisimiknya 154 detik," ujar Kepala BPPTKG Hanik Humaida Kamis 7 Januari 2021.

Hanik memperkirakan, awan panas kecil ini diduga kuat berasal dari gundukan kecil saat terjadi rentetan guguran lava pijak dua hari sebelumnya atau Selasa 5 Januari 2021 lalu.

Hanik mengatakan masyarakat tetap perlu waspada dengan munculnya awan panas pertama.

Status Merapi belum berubah menjadi Awas karena menurut Hanik semua perubahan status gunung berapi pertimbangan adalah jangkauan ancaman dampak erupsi itu apakah sudah berpotensi besar membahayakan penduduk.

Sedangkan saat ini dampak dari awan panas pertama ini belum melampaui radius bahaya maksimum 5 km yang sebelumnya ditetapkan.

"Jadi Merapi saat ini belum untuk dinaikkan statusnya menjadi Awas," ujarnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment