News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hari Pertama Pembatasan, Ini Foto-Foto Kesunyian Tugu Hingga Malioboro

Hari Pertama Pembatasan, Ini Foto-Foto Kesunyian Tugu Hingga Malioboro


Pedagang kaki lima Malioboro membereskan dagangannya Senin petang (11/1) saat hari pertama pemberlakuan PPKM.



WARTAJOGJA.ID: Kawasan favorit wisatawan di Kota Yogyakarta mulai dari Tugu-Malioboro-Titik Nol Kilometer langsung sunyi pada pelaksanaan hari pertama Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Senin petang 11 Januari 2021.

Pembatasan kegiatan 11-25 Januari 202 itu untuj menekan kasus Covid-19 yang di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) awal pekan ini sudah tembus total di atas 15 ribu orang.



Sejumlah pertokoan juga kaki lima serta andong dan becak di kawasan Malioboro bergegas tutup lapak dan membubarkan diri ketika waktu mendekati pukul 19.00 WIB.

Petugas Jogoboro atau Jogo Malioboro yang selama ini bertugas di kawasan itu, secara berkelompok menyisir semua sisi pedestrian dan pertokoan. 



Pedagang kaki lima yang nekat buka melebihi waktu ditentukan langsung ditegur dan diminta tutup. Kusir-kusir andong yang bertahan ketika pertokoan dan kaki lima telah tutup lapak, juga dibujuk agar pulang karena kawasan juga menjadi sepi.  




Hujan ringan malam itu cukup membantu para petugas yang meminta wisatawan yang nekat berkunjung di kawasan itu ikut bubar.

Di sejumlah spot untuk swafoto di Maliboro juga sengaja digelapkan serta diberi pagar pembatas seperti pada pelang jalan di pangkal jalan Malioboro sisi utara.




Para pedagang kaki lima usai menutup lapak langsung bergegas pergi dan meninggalkan gerobaknya di sepanjang trotoar depan pertokoan.




Kawasan Tugu Jogja juga tak kalah sunyi. Wisatawan yang nekat menyambangi simpang terpadat ikon Kota Jogja bakal sulit berswafoto karena sekelilingnya sudah dipagari pemerintah Kota Yogya. 




Jika nekat mendekat untuk berswafoto di Tugu, resiko tertabrak kendaraan bermotor bakal besar karena jarak pagar yang membatasi cukup lebar ke tengah jalan.




Bahkan untuk sekedar nongkrong dari kejauhan untuk mengamati Tugu pada malam hari bakal susah. Karena warung-warung Kopi Joss atau kopi yang dicampur arang yang ada di sepanjang Jalan Mangkubumi juga tutup pukul 19.00 WIB.




Kawasan Titik Nol Kilometer pun sulit didekati wisatawan karena area depan Istana juga monumen Serangan Oemoem 1 Maret dipagari besi dan dijaga sejumlah petugas.  



(Red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment