News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Layanan Rapid Antigen Tak Hanya Stasiun Tugu, Tapi Juga Lempuyangan

Layanan Rapid Antigen Tak Hanya Stasiun Tugu, Tapi Juga Lempuyangan


Stasiun Tugu Yogya


WARTAJOGJA.ID.:  Ratusan warga tampak sedang mengantre layanan rapid antigen di Stasiun Tugu Yogya yang dibanderol cukup miring atau Rp 105 ribu pada Kamis petang 24 Desember 2020.

"Puncak kedatangan penumpang libur natal dan tahun baru ini sepertinya memang sudah terjadi kemarin Rabu (23/12)," ujar Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto Kamis petang 24 Desember 2020.

Supriyanto menuturkan, pada Rabu kemarin kedatangan penumpang di stasiun wilayah Daop 6, jumlahnya sekitar 7.400 penumpang. Namun pada Kamis, hingga petang kedatangan penumpang turun menjadi sekitar 6.342 penumpang.

Untuk kedatangan penumpang yang di stasiun Tugu Yogya saja pada Rabu tercatat sebanyak 3.388 penumpang. Sedangkan pada Kamis sore tercatat sebanyak 2.794 penumpang.

Supriyanto menuturkan kedatangan kereta kali ini masih didominasi dari arah barat atau jurusan Jakarta-Yogya. 

Untuk kereta dari arah timur seperti jurusan Surabaya Yogya menurut Supriyanto saat ini belum semua beroperasi armadanya. Seperti Sancaka dan Argo Wilis. 

Supriyanto menepis jika kebijakan rapid antigen melulu jadi penghambat wisatawan plesir ke Yogya menggunakan kereta api. Pihaknya mencatat, angka pembatalan pemberangkatan dari penumpang itu saat ini sebenarnya sudah tak terlalu signifikan.

"Pembatalaan itu tidak sepenuhnya karena penumpang ingin menghindari rapid tes antigen namun juga karena ingin menunda perjalanan," katanya.

PT. KAI Daop VI pada Selasa (22/12) lalu sempat mencatat dari 2.345 penumpang khusus jarak jauh, ada sebanyak 138 penumpang atau 6 persen yang melakukan pembatalan keberangkatan.

"Kalau saat ini dari total keberangkatan hanya berkisar 1 persen saja," ujar Supriyanto.

Supriyanto menambahkan yang terjadi saat ini, ada peningkatan signifikan layanan rapid tes antigen yang disediakan PT. KAI Daop VI. 
Peningkatan ini dinilai menjadi indikasi peningkatan pelaku perjalanan rute jarak jauh. 

Supriyanto membeberkan, selama tiga hari terakhir, 22-24 Desember sudah ada 4.400 calon penumpang yang menjalani rapid tes antigen di stasiun Daop VI. Seluruhnya merupakan data penumpang yang naik dari Stasiun Tugu Yogya dan Stasiun Solo Balapan. 

“Karena antusiasme rapid antigen itu tinggi, kami pun akan membuka layanan serupa di Stasiun Lempuyangan Yogya per 25 Desember untuk memecah konsentrasi warga,"  katanya.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti sempat memantau sejenak kondisi di Stasiun Tugu Yogyakarta pada Kamis (24/12).

"Semua warga yang masuk ke Yogya melalui stasiun ini harus dipastikan kesehatannya bahwa dia tidak reaktif, atau positif," kata Haryadi. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment