News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Puluhan Nakes Hingga Mahasiswa Koas Positif Covid-19, RS Jogja Tetap Buka ?

Puluhan Nakes Hingga Mahasiswa Koas Positif Covid-19, RS Jogja Tetap Buka ?


RS Jogja (ist)


WARTAJOGJA.ID : Pemerintah Kota Yogyakarta menemukan kasus penularan Covid-19 telah menerjang puluhan tenaga kesehatan (nakes), dokter, hingga mahasiswa kedokteran yang sedang tugas Koas di Rumah Sakit (RS) Jogja.

Wakil Walikota yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menjelaskan temuan itu setelah gugus tugas melakukan screening melalui swab test kepada 228 tenaga kesehatan di rumah sakit pemerintah itu yang selama ini melayani pasien covid 19. 

"Hasil screening itu ada 22 tenaga kesehatan, 7 dokter, dan 9 mahasiswa Koas positif Covid 19," ujar Heroe Poerwadi Ahad petang 29 November 2020.

Saat ini, Gugus Tugas Covid-19 Kota Yogya tengah menelusuri sumber penularan yang membuat puluhan tenaga medis rumah sakit itu terpapar. Analisa dan screening masih dilanjutkan khususnya pada kontak erat dari tenaga kesehatan yang terpapar.

Heroe menjelaskan pemeriksaan dan screening pada tenaga medis di rumah sakit itu dilakukan sejak pekan lalu dan hasilnya baru diketahui dua hari lalu atau tanggal 27 November 2020.

Dengan temuan itu, Heroe memastikan RS Jogja tetap beroperasi melayani pasien dan tidak menutup klinik-kliniknya.

"Rumah sakit tidak tutup. Sebab yang terkena adalah layanan khusus area Covid," ujarnya.

Heroe menuturkan masih ada dokter dan tenaga kesehatan lain yang tidak menangani Covid-19 yang masih bisa bertugas seperti biasa memberikan pelayanan.

"Sehingga semua poliklinik dan pelayanan di RS Jogja tetap jalan dan memberikan pelayanan," ujar Heroe.

Untuk para tenaga kesehatan yang terpapar semuanya dibebastugaskan sementara untuk melakukan isolasi mandiri. Beberapa diantaranya juga menjalani isolasi di shelter yang dimiliki RS Jogja.

"Shelter isolasi di RS Jogja mampu menampung 30 pasien isolasi mandiri, sedangkan yang lainnya isolasi di rumah masing-masing," ujar Heroe.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Berty Murtiningsih menuturkan hasil pemeriksaan laboratorium dan terkonfirmasi positif pada Minggu 29 November 2020 di DIY terdapat tambahan 139 kasus positif Covid-19. Sehingga total kasus positif covid 19 di DIY menjadi sebanyak 5.922  kasus.  (Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment