News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pilkada Serentak 2020, Yogya Batasi Tiap TPS Hanya 500 Pemilih

Pilkada Serentak 2020, Yogya Batasi Tiap TPS Hanya 500 Pemilih



WARTAJOGJA.ID : Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai membuat skenario protokol kesehatan COVID-19 jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang berlangsung 9 Desember 2020 nanti.

Di DIY ada tiga kabupaten yang menggelar pilkada serentak yakni Kabupaten Sleman, Gunungkidul, dan Bantul.

“Untuk daerah yang rawan segala hal yang diperlukan dalam rangka pencoblosan untuk mencegah Covid-19 dipersiapkan secara matang,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DIY Noviar Rahmad Selasa 24 November 2020.

Sejumlah protokol baru yang menjadi poin penting dalam melaksanakan Pilkada Serentak 2020 di DIY telah ditetapkan. Seperti mengatur maksimal jumlah pemilih pada setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) adalah 500 orang.

Selain itu, saat hari H pelaksanaan pilkada harus ada pengaturan jadwal kedatangan pemilih serta pemilih tidak boleh berdekatan dan tidak bersalaman.

Semua pemilih juga wajib mencuci tangan, memakai masker, sarung tangan, pelindung wajah, dan mengecek suhu tubuh.

Di samping itu, pemilih harus melakukan disinfeksi bilik TPS, alat tulis, dan membawa tinta tetes secara mandiri

Khusus untuk penyelenggaraan Pilkada 2020, Satpol PP DIY juga sudah menugaskan dua orang anggota Satuan Perlindungan Masyarakat di setiap TPS untuk melakukan penertiban, pemantauan, dan penegakkan protokol kesehatan di masing-masing TPS. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment