News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Resmi Ditutup, Pameran ARTJOG: Resilience Masih Bisa Dinikmati Sampai Akhir Oktober

Resmi Ditutup, Pameran ARTJOG: Resilience Masih Bisa Dinikmati Sampai Akhir Oktober

 


WARTAJOGJA.ID : Perhelatan seni kontemperer ARTJOG: Resilience di Yogyakarta resmi ditutup per 10 Oktober 2020 lalu.

Meski demikian, karya-karya dalam pameran yang dipusatkan di Jogja National Museum Yogyakarta itu masih bisa disambangi khalayak secara daring melalui laman resminya.

"Meski pameran secara fisik sudah ditutup, video tentang pameran dan film Expanded ARTJOG masih bisa dinikmati di website sampai 31 Oktober 2020," ujar Direktur ARTJOG Heri Pemad Senin 12 Oktober 2020.

Pameran ARTJOG: Resilience sendiri sebelumnya tetap digelar dengan kunjungan langsung dan secara daring di tengah ombang-ambing situasi yang tak pasti akibat pandemi.

Diawali dengan pameran secara daring pada 8 Agustus 2020, kemudian dilaksanakan simulasi kunjungan langsung pada tanggal 22 Agustus-29 Agustus 2020. Melalui tahap simulasi dan evaluasi yang dikawal Tim Verifikasi Penyelenggaraan Protokol Pencegahan dan Pengendalian Wabah COVID19 itu, akhirnya ARTJOG mengantongi izin untuk dibuka langsung bagi umum mulai 7 September 2020.

Selama pameran dengan kunjungan langsung itu panitia membuka tiga sesi kunjungan tiap harinya. Pada hari Senin-Kamis dan empat sesi pada hari Jumat-Minggu dengan durasi dua jam di setiap sesi. Jumlah pengunjung di setiap sesi juga dibatasi maksimal hanya 60 orang.

"Dengan semangat belajar sambil melakukan pengelolaan festival dengan metode daring dan fisik akhirnya kegiatan ini berhasil dihadirkan," ujar Heri.

Heri menambahkan, selain berhasil menggelar ARTJOG: Resilience dengan aman dan berakhir sesuai rencana, melalui program ARTCARE juga berhasil memberi penanda bagaimana seni dapat berkontribusi lebih pada kemanusiaan.

"Kolaborasi dengan rekan-rekan videografer juga perlu dicatat bahwa bagaimanapun kondisinya, kami tetap harus menghadirkan elemen pendidikan, pengalaman pengalaman baru dan tentunya festival sebagai sebuah lelaku seni,” ungkap Heri.

Heri pun mengatakan pihaknya kini menpersiapkan pelaksanaan ARTJOG tahun 2021. Ia mengingatkan panggilan terbuka bagi semua seniman yang hendak berpartisipasi di ARTJOG: Arts in Common: Time (to) Wonder yang masih dibuka hingga 31 Januari 2021.

(Cak/Rls) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment