News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kasus Covid Yogya Pecah Rekor, Tembus 16 Kasus Sehari

Kasus Covid Yogya Pecah Rekor, Tembus 16 Kasus Sehari




WARTAJOGJA.ID : Perkembangan kasus positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum menunjukkan tren penurunan sepanjang Juli ini. 

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY mencatat kembali tambahan 16 kasus positif Covid-19 baru pada Minggu 19 Juli 2020 sehingga akumulasi total kasus positif di DIY menjadi 432 kasus.

Jumlah ini naik signifikan dibandingkan pada 1 Juli 2020 lalu di mana akumulasi kasus positif DIY masih 314 kasus atau bertambah 118 kasus baru dalam jangka waktu 20 hari terakhir.

Juru bicara Pemda DIY untuk penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih mengatakan meningkatnya jumlah temuan kasus positif ini disebabkan semakin banyak pihak yang terlibat melakukan  
uji swab. 

Terutama dari kalangan puskesmas.

"Saat ini puskesmas sudah bisa melakukan pengambilan specimen dan mengirimkannya ke laboratorium," ujar Berty.

Berty mengatakan seluruh puskesmas di DIY telah dilatih melakukan uji swab.

Ia mengatakan jumlah puskesmas di DIY yang telah dikerahkan untuk uji swab di kabupaten/kota itu ada 121 puskesmas. 

"Masing masing puskesmas di DIY kini memiliki minimal satu tenaga kesehatan sesuai kompetensinya yang telah dilatih cara pengambilan sampel covid 19," ujarnya.

Berty mengatakan, temuan kasus hari ini berdasar jumlah sampel yang diperiksa sejak Sabtu kemarin yakni sebanyak 1.165 sampel dan orang yang diperiksa ada 952 orang.

"Dari pihak puskesmas dan dinas kesehatan kabupaten/kota aktif melakukan penelusuran kasus dan menemukan peningkatan kasus khususnya pelaku perjalanan,"ujarya.

Dari 16 tambahan kasus baru positif hari ini, sebagian besar berasal dari kontak warga Yogya dengan kerabat luar kota seperti Jakarta, Kalimantan Selatan, Bogor, Surabaya, Semarang, dan Solo. 

(Han)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment