News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tertular Dokter, Dua Perawat RSUP dr. Sardjito Yogya Positif Covid

Tertular Dokter, Dua Perawat RSUP dr. Sardjito Yogya Positif Covid




WARTAJOGJA.ID: Sebanyak dua tenaga kesehatan yang berprofesi perawat di rumah sakit rujukan Covid-19, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito Yogyakarta dinyatakan positif terpapar Corona pada Kamis 21 Mei 2020.

Dua perawat itu semuanya merupakan perempuan, masing berusia 43 tahun asal Kabupaten Bantul dan 35 tahun asal Kota Yogyakarta yang berdomisili di Kabupaten Gunungkidul. 

Kedua perawat itu kini dirawat dan diiisolasi di RSUP Sardjito dengan kondisi kesehatan yang disebut level sedang.

"Kedua tenaga kesehatan tersebut sebelumnya diketahui tidak merawat ataupun tidak tertular dari pasien yang ada di RSUP dr Sardjito," ujar
Kepala Biro Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan Kamis 21 Mei 2020.

Namun, Banu melanjutkan, hasil positif kedua perawat tersebut diperoleh dari tracing massal terhadap tenaga medis RSUP dr Sardjito yang berada di salah satu ruang perawatan di mana keduanya saat itu bertugas. 

Banu membeberkan, penyebab salah satu ruang perawatan di RSUP dr Sardjito dilakukan tracing karena adanya satu residen yang ditemukan positif Covid 19 dan bertugas di ruangan tersebut. 

Residen ini tidak menangani secara langsung pasien Covid 19 atau bukan residen di kamar isolasi covid RSUP dr. Sardjito. Namun yang bersangkutan diketahui pernah bersinggungan dengan salah satu pasien covid 19 yang sudah mengalami tes swab dua kali dengan hasil negatif. 

Dua perawat tersebut, ujar Banu, awalnya juga tidak mengalami gejala, dan baru muncul batuk batuk beberapa hari setelah kontak dengan residen positif tersebut. Kondisi mereka saat ini cukup baik, sadar dan tidak muncul gejala demam.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih menuturkan pada Kamis 21 Mei 2020 penambahan kasus terkonfirmasi positif covid 19 di DIY ada sebanyak 6 kasus, termasuk di antaranya dua tenaga kesehatan di RSUP Sardjito itu. 

"Jumlah kasus positif covid 19 di DIY sampai hari ini ada 215 kasus," ujarnya.

Dari tambahan kasus hari ini, disumbang antara lain adanya pemudik asal Depok Jawa Barat yang pulang ke Gunung Kidul. Juga penularan dari peserta jamaah Tabligh Gowa ke anaknya di Sleman. Selain itu ada juga dua kasus yang masih disumbang oleh klaster dari karyawan Indogrosir Sleman.

Dari kasus positif di DIY itu, jumlah pasien sembuh bertambah 8 kasus, sehingga kasus sembuh menjadi 105 kasus.

(San/Bro)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment