News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pasien Positif Corona Yogya Meninggal Penderita Leukimia

Pasien Positif Corona Yogya Meninggal Penderita Leukimia

WARTAJOGJA.ID : Juru Bicara Penanganan Covid-19 Pemda DI Yogyakarta Berty Murtiningsih menyatakan ada dua pasien terkait Corona meninggal dunia pada Ahad 5 April 2020.

Kedua pasien itu terdiri satu orang pria asal Kabupaten Bantul berusia 71 tahun yang diketahui positif Corona. Sedang satu lagi perempuan 88 tahun asal Kabupaten Kulon Progo yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) Corona.

"Untuk pasien positif Covid-19 yang meninggal, memiliki penyakit penyerta ginjal dan leukimia," ujar Berty Ahad petang 5 April 2020.

Berty menuturkan adanya komorbid atau penyakit penyerta pada pasien positif Corona itu membuatnya dalam golongan rentan. 

Sebab penyakit kronisnya memperberat upaya penyembuhan dari virus Covid-19. Beban penyakit pasien kian lebih parah dibandingkan orang yang tidak mempunyai penyakit kronis.

"Berbeda jika misalnya pasien yang positif Covid-19 itu sakitnya bukan kronis, namun sejenis trauma, kemungkinan tidak akan memperberat kondisinya," ujar Berty.

Sedangkan untuk satu pasien PDP asal Kulon Progo yang juga meninggal dunia hari ini, Berty mengatakan belum dilakukan uji swab. 

Kedua pasien tetap dimakamkan dengan protokol pengamanan tertinggi.

Berty menambahkan pada Ahad ini terdapat pula penambahan satu kasus positif Covid di DIY. Sehingga membuat total pasien positif menjadi berjumlah 35 orang.

Pasien baru yang terkonfirmasi positif itu seorang laki-laki berusia 18 tahun asal Kabupaten Gunungkidul. Yang punya riwayat ke Jakarta untuk urusan pendidikan beberapa waktu lalu.

Adapun total jumlah PDP di DIY saat ini ada 334 orang. Sebanyak 109 orang negatif dengan tiga di antaranya meninggal dunia.

Dari 334 pasien PDP itu, 35 orang  dinyatakan positif corona, enam orang sembuh, dan empat orang meninggal. Sisanya yakni 190 orang masih menunggu hasil laboratorium. Dari 190 orang tersebut, delapan di antaranya meninggal dunia.

PRI

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment