News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Update Pasien Covid 19 DIY dan Pusat Per 27 Maret 2020

Update Pasien Covid 19 DIY dan Pusat Per 27 Maret 2020


WARTAJOGJA.ID: Pendataan jumlah pertambahan pasien positif Covid 19 yang dikeluarkan pemerintah pusat dengan Pemerintah DIY diketahui ada perbedaan lagi.

Pemerintah pusat pada Jumat 27 Maret 2020 merilis data tabel yang sebaran jumlah pasien positif Corona di DI Yogyakarta hingga pukul 12.00 WIB totalnya ada sebanyak 22 orang atau bertambah enam orang dari sehari sebelumnya yang tercatat 16 orang.

Sedangkan Pemerintah DIY mengumumkan jumlah pasien positif yang terverifikasi pada Jumat (27/3) totalnya ada 19 orang di mana dari jumlah itu satu pasien sembuh dan tiga lainnya meninggal dunia.

Jumlah pertambahan kasus positif di DIY yang diumumkan Pemda DIY hanya bertambah satu kasus dibanding akumulasi sehari sebelumnya yang mencatat ada 18 kasus positif dengan satu kasus dinyatakan sembuh dan tiga meninggal dunia. Satu kasus positif yang bertambah di DIY itu merupakan seorang pria usia 53 tahun asal Kabupaten Bantul.

Melihat adanya selisih lima kasus positif yang terlaporkan pemerintah pusat dan DIY pada Jumat (27/3) tersebut, Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta- sebagai laboratorium yang ditunjuk Kementerian Kesehatan untuk pengujian paparan Covid 19 - Irene, angkat bicara.

"Yang pasti pemeriksaan di BBTKLPP clear, Yogyakarta hanya bertambah satu kasus saja, ya," ujar Irene.

Adapun juru bicara Pemerintah DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih juga mengamini pernyataan Irene.

"Kami hanya menerima tambahan satu orang positif (Covid-19)," ujar Berty.

Berty menuturkan atas selisih itu pihaknya juga sudah melakukan cross check data dengan pemerintah pusat.

"Sudah kami cross check ke pusat, soal tambahan lima (pasien) hasil positif itu. Kami juga sudah cek ke seluruh rumah sakit, tidak ada sampel atas nama (kasus positif baru) tersebut," ujar Berty.

Dengan cross check itu, Berty menuturkan tambahan kasus positif Covid 19 di DIY pada Jumat ini sudah sesuai yakni hanya bertambah satu kasus positif.

Sebelumnya sempat pula terjadi perbedaan data yang diumumkan Pemerintah Pusat dengan DIY pada pertengahan Maret 2020 lalu. Saat DIY masih belum menemukan adanya kasus positif, namun pemerintah pusat sudah menyebut ada temuan kasus positif.

Secara lengkap, hasil laporan RS Rujukan Covid pada Jumat (27/3) ini di DIY total data pasien dalam pengawasan (PDP) untuk yang sudah diperiksa/diswab ada 143 orang. Di mana dari data itu hasil negatif ada 37 orang, hasil positif 19 orang (sembuh satu orang, meninggal tiga orang). Kemudian yang masih dalam proses uji laboratorium ada 87 orang di mana dari jumlah itu sudah ada yang meninggal dunia empat orang.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment